Tips Melaksanakan Promo Ramadhan

Hampir seluruh pengusaha retail akan mengadakan promo Ramadhan jelang bulan puasa atau selama bulan puasa. Promo tersebut dilaksanakan sebagai bentuk strategi penarik minat konsumen, terutama umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Ketika bulan Ramadhan tiba, umumnya masyarakat muslim tanah air akan memiliki pengeluaran yang lebih besar bila dibandingkan dengan hari – hari biasa, terutama untuk memenuhi kebutuhan akan bahan makanan. Selain itu, bulan Ramadhan biasanya juga akan diwarnai dengan melonjaknya harga – harga kebutuhan pokok sehingga dana belanja yang harus disiapkan juga harus lebih besar. dengan fenomena seperti itu, para pengusaha kemudian mencoba untuk menarik minat konsumen dengan mengadakan sebuah penawaran promo, di mana harga produk yang mereka tawarkan diklaim lebih murah dari hari biasa atau dari toko yang lain.

Melakukan Promo Ramadhan Agar berhasil Menarik MInat Konsumen

Promo Ramadhan memang merupakan satu bentuk strategi marketing yang sangat ampuh, terutama bagi Anda yang merupakan pengusaha makanan. Pasalnya, kebutuhan bahan pangan yang melonjak tinggi memaksa masyarakat untuk jeli dalam berbelanja produk yang mereka inginkan agar pengeluaran tidak membengkak. Dalam hal ini, jika Anda ingin meraup untung lebih besar dibandingkan dengan hari biasa, maka Anda harus menyikapi moment tersebut dengan baik, salah satunya adalah dengan menawarkan promo bulan Ramadhan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda dilakukan ketika melaksanakan promo Ramadhan sehingga dapat membuahkan hasil yang maksimal:

  • Gencar berpromosi
    Sebelum bulan suci Ramadhan tiba, ada baiknya Anda terlebih dulu melakukan promosi melalui media massa bahwa perusahaan Anda akan melaksanakan promo selama Ramadhan. Contoh iklan yang bisa Anda pasang misalnya: “dapatkan harga spesial nanti selama Ramadhan”, “diskon besar-besaran selama Ramadhan”, “kunjungi kami selama Ramadhan karena ada promo menarik yang akan Anda temukan” dan lain sebagainya. Dengan pemberitahuan semacam itu, maka masyarakat akan merasa penasaran dan ingin membuktikan apakah benar perusahaan Anda mengadakan promo tersebut ataukah tidak. Tawarkan program spesial Ramadhan tersebut melalui sosial media, baik Twitter, Facebook maupun Instagram karena akan lebih bisa menyasar pangsa pasar yang lebih luas.
  • Lakukan kegiatan keagamaan di toko atau tempat usaha Anda untuk mengundang konsumen datang
    Banyak masyarakat akan tertarik untuk mendatangi acara – acara yang bersifat keagamaan saat bulan suci Ramadhan. Toko atau tempat usaha Anda bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara – acara tersebut, misalnya buka bersama, pengajian, mengumpulkan anak yatim dan lain sebagainya. Konsumen yang datang, secara otomatis akan dapat melihat bahwa selain acara – acara keagamaan, tempat usaha Anda juga sedang melaksanakan promo Ramadhan di mana harga barang menjadi lebih murah. Jika perlu, berikan goodie bag atau bingkisan spesial bagi konsumen yang hadir ada acara tersebut.

No Comments

Post a Comment