JANGAN GENGSI MENGGUNAKAN KAMERA POCKET

Kamera pocket selama ini memang seakan menjadi “kamera sejuta umat” bagi masyarakat awam. Artinya, saking banyaknya orang yang memiliki kamera pocket dan hampir semua orang pernah memiliki kamera pocket ini membuat kamera pocket ini semakin populer. Hal ini didukung juga dengan banyaknya toko yang jual kamera pocket. Semakin banyaknya kamera pocket yang dijual di toko-toko kamera ini tentunya semakin memfasilitasi masyarakat dalam kebutuhan kameranya.

Seringkali pengguna kamera pocket juga minder ketika bersanding dengan orang-orang pengguna DSLR yang terlihat lebih mentereng. Begitupun dengan toko-toko kamera, daya jual kamera pocket sekarang juga kalah dengan kamera digital single lens reflect. Hal ini mungkin dipengaruhi karena fitur DSLR yang jauh lebih lengkap daripada fitur yang ada dalam kamera DSLR dibandingkan dengan terbatasnya fiturr fitur yang tersedia dalam kamera pocket.

Namun, orang awam biasanya lebih memilih untuk menggunakan kamera pocket ini dibanding menggunakan kamera DSLR. Memang alasannya sederhana, kamera pocket lebih mudah digunakan dan ramah bagi para pemula yang belum mengenal fitur-fitur kamera sama sekali.  Sebenarnya pengguna kamera pocket ini juga tidak perlu minder karena kamera pocket ini sebenarnya juga memiliki target pasar sendiri yaitu masyarakat awam.

Jika berbicara mengenai gengsi, memang sekarang ini menenteng kamera DSLR seakan terlihat lebih keren dan memiliki gengsi yang jauh lebih tinggi daripada menenteng kamera pocket. Tapi bukannya itu jauh melenceng dari tujuan membeli dan memiliki kamera sebenarnya? Memang toko yang jual kamera pocket  memiliki pasar sendiri dalam menentukan target pasarnya dan punya beberapa strategi untuk menjual setiap kamera yang terpajang dalam etalase, memainkan gengsi memang bisa menjadi salah satu dari gimmick itu. Namun memiliki kamera bukanlah hanya sebatas permasalahan adu gengsi. Tapi tujuan utama memiliki kamera adalah menciptakan foto sebagus mungkin dan mengabadikan momen-momen bahagia penggunanya. Justru yang harus kita pikirkan ketika kita memiliki kamera adalah bagaimana menciptakan kamera yang bagus. Bukan sebagus apa kamera yang kita miliki.

Untuk membuat hasil foto yang bagus, memang kamera bisa menjadi salah satu faktor, tapi bukanlah jadi faktor utama. Membuat foto menjadi bagus tentunya mempunyai tehnik fotografi. Salah satunya mempertimbangkan komposisi gambar dan objek dalam fotomu. Memperhatikan komposisi gambar bisa dan mengaturnya menjadi sebaik mungkin akan membuat foto kamu terlihat enak dipandang. Salah satu tipsnya adalah dengan emperhatikan rule of third atau komposisi 3 bagian. Dengan hal itu, kamu bisa membuat komposisi yang bagus untuk foto yang enak dilihat.

Jadi jangan minder meskipun kamu hanya memiliki kamera pocket. Hasil adalah yang terpenting. Bukan Bagusnya alat atau mahalnya kamera yang kamu miliki.

No Comments

Post a Comment